Kamis, 18 Desember 2014

Tugas Akhir MDMM Mantiq



فصل : فى الكل والكليلة والجزء والجزئية
وُقُوْعِ  لَيُسَ ذَاَكَكُلُّ
*
الْمَجْمُوْعِ عَلىَ حُكْمُنَا الْكُلُّ
عُلِمَا قَدْ كُلِّيَةٌ  فَاِنَّهُ
*
حُكِمَا فَرْدٍ لِكُلِّ وَحَيْثُمَا
جلية معرفته والجزء
*
 هو الجزئية للبعض واَلحكم
   المجموع كقولنا : كل بني تميم يحملون الصخرة، وكقوله تعالى : على الحكم:هو فالكل
( ويحمل عرش ربك فوقهم يومئذ ثمانية ) والكلية هي : الحكم على كل فرد , ككل بني تميم يأكل الرغيف.
والجزئية هي : الحكم على بعض الأفرد. والجزء : ما تركب منه ومن غيره كل. (ككل ذاك ) اشارة الى حديث ذي اليدين المشهور لما قال للمصطفى ﷺ : " اقصرت الصلاة ام نسيت يا رسول الله؟" فقال : كل ذلك لم يكن "،  والراجح انه من باب الكلية، اي لم يقع كل واحد منهما لان السؤال بأم  عن احد الأمرين لطلب التعيين بعد ثبوت أحدهما في اعتقاد المستفهم فجوابه إما بالتعيين أو بنفي كل منهما لا بنفي الجمع بينهما لأنه لا يعتقد ثبوتهما جميعا فيجب أن يكون قوله : " كل ذالك لم يكن" نفيا لكل منهما[1]. والتحقيق أنه من باب الكلية لاالكل، بدليل قوله المصطفى : بل بعض ذلك قد كان . ثم قال[2]
            Sebagai rangkaian dari pembahasan kulli dan juz’ii, akan dibahas mengenai kull dan kulliyat serta juz’I dan juz’iyyat.
Al-Kull , artinya menentukan hukum atas sesuatu secara majmuk (umum,  keseluruhan). Dalam arti, hukum ditetapkan pada semua  individu dalam satu ketetapan , seperti contoh, pada surat al haqqoh ayat 17 ( Dan pada hari qiyamat delapan malaikat menyangga ‘Arsy Tuhanmu diatas mereka ) maksudnya 8 malaikat  satu ‘Arsy secara bersama-sama.
Contoh :      كل بني تميم يحملون الصخرة ( setiap bani tamim membawa satu batu )
Maksud dari contoh diatas yakni Bani tamim membawa batu besar itu dilakukan secara bersama-sama.
Dalam Alqur’an juga terdapat contoh
ويحمل عرش ربك فوقهم يومئذ ثمانية {QS al haqqoh: 17} ( Dan pada hari itu delapan malaikat menyangga ‘Arsy Tuhanmu diatas mereka ) [3]
Al-Kulliyyah  artinya menghukumi secara menyeluruh pada tiap individu.
Contoh :    كل بني تميم يأكل الرغيف ( setiap Bani Tamim makan roti)
Maksud contoh tersebut yakni setiap orang dalam Bani Tamim memakan roti secara sendiri-sendiri, satu roti untuk satu orang.
Cara membedakan diantara kulli dan kulliyat yakni jika kulli menghukumi secara keseluruhan, akan tetapi untuk kulliyat, ia menghukumi secara individu dalam suatu kelompok.
Syekh Abdur Rohman bin Muhammad as shaghir mencontohkan kull dengan cuplikan kata-kata sebuah hadist. Hadist tersebut merupakan kisah sahabat Dzil Yadain yang bertanya kepada Rosululloh Saw[4] :
اقصرت الصلاة ام نسيت يا رسول الله؟
(Apakah Sholat Tadi Diringkas (Qoshor) Ataukah Tuan Lupa Ya Rasululloh)
Nabi menjawab :
كل ذالك لم يكن
(keduanya tidak terjadi)
Hadist diatas menurut Syekh Abdur Rohman bin Muhammad as shaghir kitab ini adalah termasuk contoh dari kull akan tetapi menurut qoul yang lebih unggul adalah termasuk  contoh dari  kulliyat karena qoshor dan lupa tidak bisa terjadi secara bersama-sama.
Al-Juz’iyyat artinya menghukumi terhadap sebagian individu yang ada pada suatu kelompok.
                    Contoh :     بعض الانسان كاتب ( sebagian manusia bisa menulis )
Al-Juz’i, artinya  sesuatu yang keberadaannya bersama yang lain menjadi penyusun lafadz kulliy, baik berbentuk ma’qul (di analisa akal) seperti contoh حيوان  yang menjadi juz’I penyusun dari الانسان (manusia) yang memiliki makna hakikat حيوان ناطق  ( hewan yang mampu berpikir ). Atau berbentuk mahsus ( terlihat indera ), contoh سقف  ( atap) yang dinisbatkan pada بيت  ( rumah).

واستنتج
واستراح
الأمثلة
الكل
حكمنا هنا على مجموع الأفرد لا على فرد فرد منها
الإندونسييون يحبون أوطانهم
الكلية
وهنا حكمنا على كل فرد فرد منها
كل نفس ذاءقة الموت
الجزءية
حكمنا هنا على بعض الأفرد
بعض الطلبة ناجح
الجزء
كل منهاجزء من البيت يتركب منه غيره
الجدار ، السقف ، الباب



كَيْفٍ وَصِدْقُ وَاحِدٍ اَمْرٌ قفُيِ
*
تنَاقُضٌ خُلْفُ الْقَضِيَّتَيْنِ فِيْ
فَنَقْضُهَا بِالْكَيْفِ اَنْ تُبَدِّلَهْ
*
فَاِنْ تَكُنْ شَخْصِيَّةً اَوْ مُهْمَلَةْ
فَا نْقُضْ بِضِدِ سُوْرِهَا الْمَذْكُوْرِ
*
وَاِنْ تَكُنْ مَحْصُوْرَةً بِالسّوْرِ
 نَقِيْضُهَا سَالِبَةٌ جُزْءِيَّةْ
*
فَاِءنْ تَكُنْ مُوْجَبَةً كُلِّيَةً
فصل في التناقض






التناقض  وهو : اختلاف قضيتين بالاجاب والسلب, بحيث يقتضي لذاته ان تكون احداهما صادقة ولاخرى كاذبة.  فشرطه : ان يختلفا الا بالايجاب والسلب, ولابد ان تكون احدى القضيتين صادقة والاخرى كاذبة).  )
وهذا معنى قولنا : ( فنقضها في لكيف البيت ) اي فان كانت القضية شخصية أومهملة فتناقضها بحسب (الكيف)  وهو الايجاب والسلب بان  تبدله. فان كان ايجابا فتناقضها بحسب ان تبدله سلبا وبالعكس. واما ان تكون مسورة, فتناقضها بضد سورها[5]. ( صدق واحد أمر قفي) ولا يكون إلا عند  ثبوت الوحدات وحدة الموضوع ووحدة المحمول ووحدة الزمان ووحدة المكان ووحدة الإضافة ووحدة الشرط ووحدة القوة او الفعل ووحدة الكل أو الجزء إلى غير  ذلك (بالكيف أن تبدله) فتبدله الإيجاب فنقيض زيد قائم زيد ليس بقائم وب العكس، ونقيض الانسان حيوان الانسان  ليس بحيوان عند المصنف، وعند غيره نقيض المهملة كلية تخالفها في الكيف لأنها في قوة الجزئية فنقيض الانسان حيوان لا شيئ من  الإنسان بحيوان،  ونقيض الانسان  ليس بحيوان كل إنسان حيوان،  وجميع ما ذكر لا يختص بالحملية فقط بل يجري في الشرطية ايضا فنقيض إن جئتني الان أكرمتك ليس إن جئتني الان أكرمتك و نقيض إن كان هذا إنسانا فهو حيوان ليس إن كان هذا إنسانا فهو  حيوان (مخصورة بالسور ) كلية او جزئية موجبة أو سلبية (نقيضها سالبة جزئية )وبالعكس فنقيض كل   إنسان حيوان  ليس بعض الإنسان بحيوان وبالعكس (موجبة جزئية ) و بالعكس فنقيض لا شيء من الإنسان بحجر بعض الإنسان حجر وبالعكس. [6]
و أقسام السور أربعة كما تقدم فالمسورات أربع : موجبة كلية ككل إنسان حيوان، فنقيضها سالبة جزئية  كليس بعض الانسان بحيوان ، وسالبة كلية ، كلا شيئ من الانسان بحجر . فنقيضها موجبة جزئية نحو : بعض الانسان  حجر. وإن في البيتين شرطية، وجوابها نقيضها، فحذفت الفاء من جوابها للضرورة .
          Tanaqqudl menurut istilah adalah perbedaan antara dua qodliyah  dalam segi kaif (positif-negatif= mujabah-salibah ) yang akan menetapkan salah satu diantaranya yang benar dan yang lain salah. Karena secara logika, dua perkara yang berlawanan tidak mungkin keduanya sama-sama salah atau keduanya sama-sama benar.
Contoh :     
Pernyataan 1        كل انسان حيوان   (semua manusia adalah hewan)
Pernyataan 2         بعض الانسان ليس  بحيوان (sebagian manusia bukan hewan)
Pernyataan 1 dan 2 adalah dua qodliyah yang saling berlawanan. Dan hal ini menetapkan salah satu qodliyah benar, yaitu pernyataan 1, dan yang lain salah, yaitu pernyataan ke 2
           
الأمثلة في تناقض القضيتين
التناقض
الأمثلة
التناقض
الأصلية
النمرة
زيد ليس بقائم
زيد قائم
شخصية سالبة
شخصية موجبة 
١
زيد قائم
زيد ليس بقائم
شخصية موجبة 
شخصية سالبة
٢
الإنسان ليس بحيوان
الإنسان حيوان
مهملة سالبة
مهملة موجبة
٣
الإنسان حيوان
الإنسان ليس بحيوان
مهملة موجبة
مهملة سالبة
٤
ليس بعض الإنسان بحيوان
كل إنسان حيوان
جزئية سالبة
كلية موجبة
٥
بعض الإنسان بحجر
لا شيء من الإنسان بحجر
جزئية موجبة
كلية سالبة
٦

                Pada point contoh ke 5 dan ke 6, menjelaskan tentang musawwarot yang jumlahnya ada 4 yakni:
ü كلية موجبة                   contoh  كل إنسان حيوان (semua manusia adalah hewan) tanaqqudlnya  جزئية سالبة               contoh :  ليس بعض الإنسان بحيوان (sebagian manusia bukanlah hewan)
ü كلية سالبة                contoh  لا شيء من الإنسان بحجر (tidak satupun manusia itu batu) tanaqqudlnya  جزئية موجبة              contoh بعض الإنسان بحجر (sebagian manusia adalah batu)
1.   وحدة الموضوع Yaitu sama dalam maudlu’ (subyek )-nya tapi tidak sama dalam mahmul (predikat)-nya yaitu :
-      Qodliyah 1 :  “manusia adalah hewan yang bisa tertawa”
Diperlawankan dengan
-      Qodliyah 2 : “kuda itu binatang yang tidak bisa tertawa”
Dua qodliyah ini tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab tidak ada kesamaan dari sisi maudlu’ (subyek)
2.   وحدة الشرطي  Yaitu sama dalam mahmul (predikat), tapi tidak sama dalam maudlu’ (subyek)-nya, yaitu :
-      Qodliyah 1 : “manusia adalah hewan yang berkaki dua”
Diperlawankan dengan
-      Qodliyah 2 : “manusia adalah hewan yang tidak berkaki dua”
Dua qodliyah ini tidak bisa dikataka kontradiktif, sebab tidak ada kesamaan dari segi mahmul (predikat)-nya.
Kriteria Tanaqqudl    
1.   وحدة الكلي والجزئ yaitu sama dalam masalah kuantitas dan kualitas sebagian (juz’i) dan kulliy (keseluruhan) antara kedua qodliyah, jika tidak maka bukan lagi tanaqqudl, seperti :
-      Qodliyah 1 : orang madura itu, sebagian berkulit putih
-      Qodliyah 2 : orang madura itu, seluruhnya berkulit putih
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab kuantitasnya (juz’i-kully) tidak sama.
2.   وحدة الشرطي yaitu sama dalam syarat yang dipakai oleh kedua qodliyah (seperti jika, kalau, seandaina dan sebagainya), jika tidak, maka bukan lagi tananqqudl. Seperti :
-      Qodliyah 1 : Mahasiswa akan berhasil, jika ia rajin belajar.
-      Qodliyah 2 : Mahasiswa tidak akan berhasil, jika ia malas belajar
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab syarat dalam keduanya tidak sama.
3.   وحدة المكان  yaitu sama tempat kejadiannya dalam kedua qodliyah, jika tidak, maka bukan lagi tanaqqudl, seperti :
-      Qodliyah 1 : Khodijah duduk didalam kereta api
-      Qodliyah 2 : Khodijah tidak duduk didalam rumah
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab tempat kejadiannya tidak sama.
Atau contoh lainnya, seperti :
-      Qodliyah 1 :1 liter air diatas bumi, beratnya 1 kg
-      Qodliyah 2 :1 liter air diangkasa luar, beratnya bukan 1 kg
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab dari sisi tempatnya tidak sama dan tidak bersatu.
4.   وحدة الزمان  yaitu sama waktu dalam kedua qodliyah, jika tidak, maka bukan lagi tananqqudl, seperti :
-      Qodliyah 1 : Muhammad sekarang masuk sekolah
-      Qodliyah 2 : Muhammad kemarin tidak tidur
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab waktunya tidak sama. Atau contoh lainnya :
-      Qodliyah 1 : manusia merasa takut pada waktu malam hari
-      Qodliyah 2 : manusia tidak merasa takut pada waktu siang hari
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab tidak bersatu pada waktu yang sama.
5.   وحدة الاضافي  yaitu sama dalam hal idlofah (kolerasi)-nya antara kedua qodliyah , jika tidak, maka bukan lagi tanaqqudl, seperti :
-      Qodliyah 1 : Muhammad Bin Syaiban sehat
-      Qodliyah 2 : Muhammad Bin Nabhan tidak sehat
Kedua qodliyah ini, tidak bisa dikatakan kontradiktif, sebab kolerasi (idlofah)-nya tidak sama.
6.   Sama pola dan caranya dalam kedua qodliyah, jika tidak sama, maka bukan lagi tanaqqudl, seperti :
-      Qodliyah 1 : towak (minuman,istilah Tuban) menjadi cokak (karena diproduksi)
-      Qodliyah 2 : towak (minuman,istilah Tuban) tidak menjadi cokak (dengan sendirinya)


۱ السلم المنورق في علم المنطق، الشيخ عبد الرحمن بن محمد الصغير الأخضري
۲ إيضاح المبهم من معاني السلم, الشيخ احمد الدمنهوري
[3] Alqur’an terjemah, kudus
[4] الجمع بين الصحيحين البخاري و مسلم ص 135 رقم 2412
[5] ايضاح المبهم من معا نىالسلم، الشيخ أحمد الدمنهورى ص : ٥٨
[6] السلم المنورق في علم المنطق، الشيخ عبد الرحمن بن محمد الصغير الأخضري ص 29-30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar